Thursday, March 29, 2012

Macaroons

"Made from egg, sugar, ganache and a little bit of magic", begitu salah seorang penulis mendeskripsikan bahan untuk membuat macaron atau macaroon ala Ladurée, Paris.

Kue kecil bulat, renyah di bagian luar dan sangat lembut di tengahnya dengan penampilan imut dan cantik adalah produk paling terkenal yang dihasilkan oleh Ladurée. Tidak kurang dari 15 ribu macaroon terjual di Ladurée setiap harinya.


Sejarah Ladurée macaroon ini berawal dengan Pierre Desfontaines, sepupu dari Louis Ernest Ladurée, yang pada awal abad ke-20 dengan ide untuk menumpuk dua buah macaroon dan menempelkannya dengan ganache.

Sejak hari itu macaroon di Ladurée dibuat fresh setiap pagi di tempat khusus yang tidak disebut dengan dapur atau ruang produksi tetapi mereka sebut sebagai 'laboratorium Ladurée'.

Macaroons merupakan salah satu pastry yang digemari oleh Ratu Perancis Marie Antoinette.

The pastry chefs mengukur bahan-bahan dengan komposisi yang tidak berubah antara almonds bubuk, putih telur dan gula sebelum menambahkan sejumput bahan rahasia "know-how" atau yang disebut seorang penulis yang saya kutip di atas sebagai "a little bit of magic". Oleh karena itu pula pembeli rela antri untuk mendapatkan macaroon paling enak dan terkenal di dunia ini.

Bahan rahasia ini dikatakan sebagai yang paling penting untuk menghasilkan perfect macaroon ala Ladurée. Ini mungkin yang mungkin membuat macaroon Ladurée tidak sama dengan macaroon yang dijual di tempat lain.

Setelah matang dan diisi ganache, macaroon di Ladurée disimpan selama dua hari sebelum dijual. Waktu dua hari itu diperlukan untuk menghasilkan kombinasi yang sempurna baik tekstur dan juga rasa.

Setiap musim Ladurée menciptakan rasa baru dengan variasi warna menjadi faktor yang penting seperti halnya aneka rasa yang dihasilkan. Rasa dan warna adalah dua hal vital yang menjadi ciri khas sekaligus daya tarik macaroon.

Berbicara tentang warna cantik macaroon, jangan bayangkan pewarna makanan yang rasanya horrible itu. Warna-warna cantik yang dihasilkan Ladurée adalah dari bahan alami. Lihat saja warna-warni lucu pada gambar di bawah ini! *puke rainbow*







Panganan imut yang berwarna cantik ini juga dapat dikatakan sebagai fashion food di serial Gossip Girl. Tak jarang The Queen B, Blair Waldorf, menyantapnya sebagai salah satu sajian dalam event tertentu.


Tertarik untuk mencoba? Di Jakarta juga ada yang menjual kok, tanpa harus perlu jauh-jauh ke Perancis! :D Salah satunya di Bittersweet Corner, Plaza Indonesia. Di kaskus pun ada saja yang menjualnya secara online untuk lokasi Jakarta, maupun Bandung, harga yang ditawarkan cukup terjangkau, mulai dari Rp.4.000,-/pcs! Atau barangkali ada yang mau mencoba membuat? Berikut resep untuk membuat macaroon.

Bahan:
  • 200 g gula halus
  • 1/4 sdt ekstrak vanila
  • 180 g tepung almond
  • 3 butir telur
  • 30 g gula pasir
  • Pewarna makanan secukupnya (optional)
Filling:
  • 4 butir putih telur
  • 180 g unsalted butter, lelehkan
  • 150 g gula pasir
  • 1 sdt ekstrak vanila
  • Pewarna makanan secukupnya (optional)
Cara membuat:
  1. Panaskan oven di suhu 150 oC. Ayak gula halus dan tepung almond, sisihkan.
  2. Alasi loyang dengan kertas roti, buat lingkaran-lingkaran berdiameter 5 cm.
  3. Kocok putih telur dengan mixer sampai mengembang, tambahkan garam.
  4. Tambahkan gula pasir secara bertahap dengan sendok teh, hingga putih telur mengembang dengan baik. Pindahkan ke mangkuk besar.
  5. Tambahkan perlahan-lahan campuran gula halus dan almond tadi ke dalam campuran putih telur, aduk dengan spatula.
  6. Tambahkan vanilla dan sisa campuran gula halus dan almond, aduk rata dengan spatula. Hindari buih yang terbentuk. Tambahkan pewarna makanan jika diinginkan.
  7. Masukkan adonan dalam kantong, lubangi ujungnya. Cetak adonan di loyang sesuai ukuran lingkaran yang telah dibuat. Panggang dalam oven sampai bagian bawahnya kering.
  8. Buat filling dengan kocok putih telur dan gula sampai cukup mengembang. Tambahkan mentega cair sambil terus dikocok, kemudian tambahkan vanila. Tambahkan pewarna jika diinginkan. Kocok dengan kecepatan rendah untuk menghilangkan gelembung udara. Aduk dengan spatula sampai halus.
  9. Beri macaroon yang telah dingin dengan filling, buat model sandwich. Simpan dalam wadah kedap udara, tahan untuk 2 hari.

No comments:

Post a Comment